Rabu, 09 Oktober 2013

Ubi Ungu Dibuat Minuman? Bisa Kok!

Hari keempat, Rabu, 9 Oktober 2013, Konferensi Anak Indonesia 2013.

Di hari keempat Konfa 2013, para delegasi mengunjungi  Lab M-Brio dan melakukan eksperimen di laboratorium makanan. Setelah itu, mereka akan merumuskan poin-poin deklarasi konferensi, hasil pengamatan dan diskusi selama beberapa hari mengikuti pembekalan. Sementara kami, para pendamping, mengunjungi Rumah Sehat Intiyana di Terogong, Jakarta Selatan.

Di Rumah Sehat Intiyana, kita bisa memesan masakan rumah yang bahan-bahannya dipetik dari kebun sendiri dan dimasak tanpa menggunakan MSG atau bahan-bahan pengawet. Selain itu, ada tempat pijat dan refleksi.

Sambil menikmati jus, Mbak Ayu, pemilik Rumah Sehat Intiyana, kemudian berbagi pengetahun kepada kami salah satu resep minuman sehat yang terbuat dari ubi ungu. Kalau biasanya kita mengolah ubi ungu sebagai bahan makanan (kue, puding, atau sekadar dikukus), sekarang dikreasikan sebagai minuman bubble.

Cara membuatnya mudah. Sekitar 100 gram ubi ungu kukus dilumatkan, setelah halus, campur dengan sekitar 4 sendok tepung kanji. Uleni hingga kalis. Setelah itu, ambil sedikit adonan, pulung, ambil kurang lebih 1 cm lalu bulatkan sehingga membentuk bulatan sangat kecil (seperti bubble yang ada di minuman bubble tea). Sesudah itu, masukkan ke dalam air mendidih dan rebus hingga matang.

Nah, bubble ini bisa menjadi campuran minuman. Bisa dengan jus, atau seperti yang dicontohkan Mbak Ayu kemarin, dibuat menjadi strawberry pearl tea.

Selamat mencoba J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar